detikperkara iklanx

Personil Polres Cilegon Polda Banten sebanyak 388 personil melaksanakan kegiatan Latihan Pra Oprasi ketupat maung 2024

IMG-20240403-WA0084

Detikperkara.com Cilegon – Pada hari Selasa tanggal 02 April 2024,jam 21.00 WIB bertempat di Aula Wicaksana Leghawa Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan kegiatan pelatihan pra operasi Ketupat Maung tahun 2024.

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro menjelaskan 

Kegiatan operasi ini sebenarnya setiap tahunnya dilaksanakan akan tetapi dinamika operasional selalu berubah – ubah, diketahui ruas jalan dan pengendara bertambah dan antusias masyarakat yang melaksanakan mudik juga bertambah namun jumlah personil yang terlibat pengaman tidak bertambah. 

Alhamdulillah tahun lalu Polres Cilegon Polda Banten mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak diantaranya dari Kapolri atas pelaksanaan ops ketupat tahun 2023 yang berjalan dengan baik, Saya yakin dengan loyalitas dan kerja keras dari anggota yang melaksanakan pengamanan, kegiatan operasi ketupat tahun ini juga dapat berjalan dengan lancar dan pemudik selamat sampai tujuan.

Diharapkan kepada personil yang terlibat dalam pengamanan Ops ketupat 2024 dapat memperhatikan paparan dan arahan dari Kabagops Polres Cilegon sehingga personil dapat mengetahui tupoksinya masing – masing dilapangan.

Ditempat yang sama Kabag Ops Cilegon KOMPOL Andi Suherman menjelaskan Dalam operasi ketupat tahun 2024 Polres Cilegon Polda Banten menyiapkan Pos Pam, Pos Yan, Pos Pantau, dan Pos Gatur diantaranya sebagai berikut 

a). 9 Pos Pam

• Pospam 1 Pelabuhan

• Pospam 2 Gerem

• Pospam 3 Cilegon

• Pospam 4 Cibeber

• Pospam 5 Ciwandan

• Pospam 6 Pelindo

• Pospam 7 Anyar

• Pospam 8 Cinangka

• Pospam 9 BBJ

b). 3 Pos Yankes

c). 80 Pos Pantau

d). 7 Pos Gatur

Pos Pam 1 Pelabuhan PT. ASDP Merak

1. Semua kendali operasi di Pelabuhan PT. ASDP yaitu ada di Gedung Bundar, jangan sampai padal (perwira pengendali) di dermaga mengambil inisiatif sendiri tanpa berkoordinasi terlebih dahulu dengan padal Gedung bundar.

2. Para padal (perwira pengendali) yang bertugas disekatan atau antrian kendaraan pastikan masyarakat yang akan menyebrang sudah mempunyai tiket jangan sampai ada masyarakat yang belum mempunyai tiket namun sudah berada diantrian kendaraan.

Pos Pam 6 Pelabuhan Pelindo

1. Apabila ekor antrian kendaraan sudah sampai pintu masuk pelabuhan Pelindo II segera dilakukan penyekatan kendaraan di simpang JLS namun tetap dilakukan pengaturan arus lalu lintas sehingga arus lalin masyarakat disekitar Pelabuhan Pelindo II tidak terganggu.

2. Hasil rapat yang dilaksanakan bahwa untuk volume kendaraan yang berada di dalam kapal dibagi 60% Truk dan 40% R2, untuk padal di Pelabuhan Pelindo II segera berkoordinasi dengan pihak ASDP untuk memastikan kembali pembagian jumlah kendaraan tersebut sehingga dapat mempermudah dalam mengatur kendaraan.

Pos Pam 9 Pelabuhan BBJ

Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) untuk kendaraan golongan VII dan IX dan pihak pelabuhan BBJ telah menyiapkan 5 unit kapal KMP dengan jumlah 2 trip per hari (total 10 trip).

Para kasatgas 

1. Kasi Humas berkoordinasi dengan padal reporter dalam melakukan report situasi di setiap pelabuhan dan lakukan live report.

2. Kasie Propam agar selalu melaporkan jumlah anggota yang melaksanakan pengamanan setiap hari kepada Kapolres dan Wakapolres terkait dengan jumlah personil

3. Kasi Dokkes untuk membagi anggotanya di setiap pelabuhan bergabung dengan Dinkes kota Cilegon.

4. Satgas banops dalam pendistribusian makanan semua diatur dengan baik, padal pospam untuk mengambil makan di Polres Cilegon.

5. Satgas preventif untuk personil Jawara melaksanakan kegiatan dengan mobile, apabila terjadi kemacetan segera melakukan penebalan untuk membantu pengaturan.

Ditempat yang sama Wakapolres Cilegon Polda Banten KOMPOL Rifki Seftirian Yusuf, berharap kepada personil Polres Cilegon dapat memberikan kesan yang baik kepada Kapolres Cilegon Polda Banten dalam melakukan pengamanan ops ketupat maung 2024, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sehingga pengamanan dapat berjalan dengan lancar dan Semoga kita selalu diberikan kesehatan sehingga dalam melaksanakan pengamanan operasi ketupat maung dapat maksimal.

Kepada Provost selalu melaporkan kehadiran anggota setiap harinya, laporkan kepada saya untuk anggota yang tidak hadir dalam pengamanan. Akan ada punishment untuk anggota yang meninggalkan tugas tanpa berkoordinasi dengan Kapospam maupun Padal.”tutupnya.

(Teh’Nena)

Tags:
New Project - 2024-03-07T191549.049
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent