Terkait Dugaan Manipulasi Data PKBM di Pandeglang, GMPP : Dindikbud Jangan Diam!

images (1)

Pandeglang, detikperkara.com – Salah satu Pendidikan Nonformal (PNF) adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang merupakan institusi prakarya pembelajaran berbasis masyarakat.

PKBM ini adalah alternative yang dipilih dan dijadikan sebagai proses pemberdayaan masyarakat yang selama ini belum dikembangkan secara maksimal.

Pogram pemerintah ini juga merupakan upaya melayani kebutuhan dasar pendidikan masyarakat yang kurang beruntung adalah Pendidikan Kesetaraan.

Diketahui pendidikan Kesetaraan tersebut meliputi, program paket A setara SD/MI, program paket B setara SMP/MTs, dan program paket C setara SMA/MA.

Program bagi masyarakat putus sekolah karena keterbatasan ekonomi atau tinggal di daerah khusus (perbatasan, bencana, dan terisolir) belum memiliki fasilitas pendidikan yang memadai.

Sehingga, kebutuhan dasar dibidang pendidikan termasuk pendidikan kesetaraan ini diprioritaskan bagi anak usia 7 hingga 21 tahun yang merupakan usia wajib belajar.

Namun program ini kerap dimanfaatkan oleh Oknum penyelenggara pendidikan seperti pengelola PKBM sebagai bisnis yang menggiurkan.

Dengan adanya informasi terkait dugaan indikasi manipulasi data peserta didik PKBM, membuat sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemuda Pandeglang (GMPP) Siang tadi Selasa, 22/03/22 melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pandeglang.

 Dikri selaku korlap Gerakan mahasiswa dan pemuda pandeglang dalam orasinya mendesak Dindikbud Pandeglang untuk mengusut tuntas dugaan manipulasi data siswa yang sudah jelas melanggar aturan.

“Kami mendesak dindikbud untuk turun ke lapangan mengecek satu persatu pkbm yang ada di kabupaten Pandeglang, usut tuntas kasus ini, jangan diam saja!”

 

Lebih lanjut Dikri berharap, pihak Dinas Pendidikan pandeglang untuk tidak menelan mentah data peserta didik yang diajukan karena data tersebut adalah data siswa fiktif.

“Seharusnya Disdik melakukan pengawasan langsung ke PKBM selain juga dapat memaksimalkan kinerja Penilik Non Formal setiap Kecamatan”

 

 

Enji/Red

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent