image - 2024-01-25T125215.306

Talkshow di RRI Banten, Polda Banten Siap Mengamankan Tahapan Pemungutan Suara

IMG-20240213-WA0042

Detikperkara.com Serang – Bidhumas Polda Banten kembali hadiri talkshow tentang Kesiapan Polda Banten dalam mengamankan tahapan pemungutan suara Pemilu 2024 di radio RRI Banten Jl. Kolonel Tubagus Suwandi No.9, Serang, Ciracas, Kota Serang, Banten 42116 pada Selasa (13/02). 

Dalam kegiatan ini Kabid Humas Polda Banten yang diwakili Kasubbidpenmas Bidhumas Polda Banten AKBP Meryadi memaparkan tentang persiapan Polda Banten dalam melaksanakan pengamanan tahapan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan dipandu oleh penyiar Radio RRI Banten Digi Pribadi.

Pada Kesempatannya Meryadi menjelaskan langkah-langkah Polda Banten dalam memastikan keamanan di TPS selama Pemilu 2024. “Polda Banteb telah melaksanakan Operasi Mantap Brata sejak tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024. Dari awal Polda Bangen sudah memetakan atau mitigasi TPS berdasarkan tingkat kerawanan dengan pola sesuai dengan kerawanan TPS yaitu TPS kurang rawan, TPS rawan, TPS sangat rawan dan TPS di lokasi khusus,” katanya. 

Kemudian Meryadi juga menyampaikan jumlah personel yang disiapkan Polda Banten untuk mengamankan TPS di wilayah hukum Polda Banten. “Dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini Polda Banten akan mengamankan 20.740 TPS dengan melibatkan 4.174 personel yang terdiri dari personel Polres sebanyak 3.072, personel BKO Polda sebanyak 1.102 dan personel Brimob Polda Banten sebanyak 543,” tuturnya.

Selanjutnya Meryadi menjelaskan bagaimana Polda Banten dalam mempersiapkan personel dalam menghadapi kerawanan di daerah tertentu selama tahapan pemungutan suara. “Dalam menghadapi kerawanan kami telah melaksanakan mitigasi kerawanan TPS, melaksanakan pelatihan dan simulasi penanganan apabila terjadi gangguan Kamtibmas di TPS, memberikan arahan dan cara bertindak di lapangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sesua SOP dan peraturan perundang-undangan yang ada,” jelasnya. 

Meryadi mengungkapkan, dalam tahapan pemungutan suara Polda Banten telah berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu. “Untuk pengamanan TPS sudah dilaksanakan pada saat ini Polda Banten bersama panitia Pemilu mengawal surat suara di TPS dan memastikan keamanan logistik Pemilu. Untuk sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah telah dilaksanakan koordinasi dengan baik sampai ditingkat desa dengan melibat tiga pilar desa yaitu Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kades,” ungkapnya. 

Meryadi juga mengatakan bagaimana Polda Banten dalam memastikan integritas dan netralitas personelnya selama bertugas di TPS. “Dalam menjaga integritas dan netralitas personel Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih, tidak melakukan kegiatan politik praktis, tidak akan memberikan dukungan politik dan keberpihakan dalam bentuk apapun kepada Parpol, Caleg, Capres dan Cawapres, tidak akan menggunakan kewenangan atau membuat keputusan dan atau tindakan yang dapat menguntungkan kepentingan politik, senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban demi suksesnya pelaksanaan Pemilu dengan aman dan damai,” ujarnya.  

Meryadi mengatakan situasi Kamtibmas di Polda Banten cukup kondusif dari ancaman kamtibmas. Belum dilaporkan adanya gejolak dari masyarakat terkait isu tahapan Pemilu. “Sampai saat ini belum dilaporkan adanya kondisi Kamtibmas yang menonjol. Artinya sejauh ini masih kondusif,” katanya.  

Terakhir Meryadi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak suaranya pada Rabu, 14 Februari 2024. “Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk datang ke TPS besok Rabu, 14 Februari 2024 untuk menggunakan hak suaranya dan jangan Golput karena suara anda menentukan masa depan bangsa serta tidak lupa berperan aktif menjaga Kamtibmas demi kerukunan sesama warga negara,” tutup Meryadi.

(Teh’Nena).

Tags:
detikperkara iklann
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent