image - 2024-01-25T125215.306

Pastikan Siap, 520 Personel Polres Cilegon Polda Banten Bersama Kodim 0623 Cilegon Gelar Simulasi Pengamanan TPS Pemilu 2024

IMG-20240211-WA0070

Detikperkara.com Cilegon – Sebanyak 520 Personel Polres Cilegon Polda Banten bersama personel Kodim 0623 Cilegon melaksanakan simulasi pengamanan TPS Pemilu 2024, dalam kegiatan ini juga dilakukan Simulasi Pelaksanaan Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Tungsura), bertempat di Stadion Krakatu Steel Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta pada Minggu (11/02).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabidkum Polda Banten Kombes Pol Yuliani selaku Pamatwil didampingi Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, Dandim 0623 Cilegon Letkol. Inf. Aryo Priyo Utomo, Ketua Bawaslu Kota Cilegon Alam Arcy Ashari dan diikuti oleh para personel Pengamanan PAM TPS Polres Cilegon serta Bhabinsa Kodim 0623 Cilegon.

Dalam kesempatannya Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro menyampaikan arahannya. “Terhitung dari tanggal 10 Februari 2024 semua rekan-rekan yang ada di sini sudah melaksanakan pengenalan lokasi TPS, kenali karakteristik dan perangkat petugas TPS bantu dan jalin komunikasi dengan mereka, bantu dalam pelaksanaan pemungutan suara agar kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif,” katanya.

Kapolres mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu yang digelar 5 tahun sekali, terdapat personel yang sudah merasakan pengamanan dan terdapat pula personel yang baru pertama kali melaksanakan pengamanan. “Kegiatan simulasi ini merupakan gambaran situasi dan kondisi saat pemungutan suara, agar personel bisa memperhatikan dan memahami kegiatan yang akan dilaksanakan,” ujar Eko.

Ditempat yang sama, Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf. Aryo Priyo utomo menerangkan 

Kegiatan simulasi hari ini merupakan kegiatan mekanisme pemungutan suara maka dari itu tujuannya agar personel mengerti dan memahami tugasnya. “Dengan melaksanakan kegiatan simulasi secara langsung diharapkan para personel bisa lebih paham dalam pelaksanaan pengamanan, apabila terjadi kendala segera laporkan kepada pimpinan agar selama kegiatan tidak ada kendala dan dapat segera menyelesaikan permasalahan,” ucap Dandim 0623 Cilegon.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Cilegon Alam Arcy Ashari juga menyampaikan bahwa peran Kepolisian dan TNI sangat penting di massa ini. “Tiga hari kedepan kita memasuki masa tenang, peran Kepolisian dan TNI sangat penting di massa ini dan nanti saat pemungutan suara karena bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam memberikan hak suaranya, saya meminta kerjasamanya dari pihak Kepolisian dan TNI, agar dapat membantu rekan-rekan Panwascam untuk mengawasi kegiatan Pemilu 2024, semoga selama kegiatan pemilu berjalan dengan aman kondusif,” ungkapnya.

Terakhir, Kabidkum Polda Banten Kombes Pol Yuliani selaku Pamatwil mengapresiasi langkah Polres Cilegon dan Kodim 0623 Cilegon yang telah melaksanakan kegiatan simulasi Pam TPS. “Saya sangat mengapresiasi langkah Polres Cilegon Polda Banten bersama Kodim 0623 Cilegon yang sudah melaksanakan kegiatan simulasi pengamanan dan pemungutan suara, tentunya ini sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan kami selaku pihak pengamanan untuk melaksanakan pengamanan selama pemungutan suara berlangsung,” tuturnya.

(Teh’Nena)

Tags:
detikperkara iklann
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent