image - 2024-06-13T210007.374

Bhabinkamtibmas Polsek Bojong Polres Pandeglang dan Babinsa Desa Cijakan Laksanakan Penyuluhan Hukum dan Perlindungan Masyarakat Terkait Restorative Justice

IMG-20240710-WA0026

Detikperkara.com Pandeglang, Rabu (10/7/2024) – Bhabinkamtibmas Polsek Bojong Polres Pandeglang bersama Babinsa Desa Cijakan melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi di bidang hukum dan perlindungan masyarakat terkait Restorative Justice. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Cijakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang konsep Restorative Justice dan penerapannya dalam penyelesaian konflik.

Dalam penyuluhan tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Bojong, Bripka Agung, dan Babinsa Desa Cijakan, Kopka Uun Sunayat, memberikan penjelasan mengenai prinsip-prinsip dasar Restorative Justice, yang menekankan penyelesaian konflik melalui dialog dan kesepakatan bersama antara pihak yang terlibat. Mereka juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

“Restorative Justice adalah pendekatan yang berfokus pada pemulihan hubungan sosial dan penyelesaian masalah secara damai. Kami berharap masyarakat dapat memahami dan menerapkan konsep ini dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan lingkungan yang harmonis,” ujar Bripka Agung.

Kopka Uun Sunayat menambahkan bahwa penyuluhan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka dalam menjaga keamanan serta pentingnya kerjasama antara warga dan aparat keamanan. “Kami mengajak masyarakat untuk selalu berkomunikasi dan bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam menjaga ketertiban dan keamanan di desa,” tambahnya.

Selama penyuluhan, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai masalah yang sering dihadapi di desa mereka. Para peserta menyambut baik kegiatan ini dan merasa mendapatkan banyak pengetahuan baru yang berguna untuk penyelesaian masalah di lingkungannya.

Kepala Desa Cijakan, Bapak Endang Hidayat, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam memberikan penyuluhan ini. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk memberikan edukasi dan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari upaya Polsek Bojong dan Koramil Bojong dalam meningkatkan kesadaran hukum dan memperkuat perlindungan masyarakat di Desa Cijakan. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih aman, tertib, dan harmonis.

(Teh’Nena)

Tags:
image - 2024-05-01T082030.048
image - 2024-05-01T082527.508
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

Stay Connected

Post

Recent