image - 2024-06-13T210007.374

Indonesia Sipil Kokoh, Dankorbrimob Resmikan Mako Pas Brimob II di Kuka

IMG-20240613-WA0103

Detikperkara.com KUTAI KARTANEGARA — Satu Indonesia yang benar-benar sipil kian kokoh terwujud. Komandan Korps Brimob, Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han, Kamis (13/6/24) meresmikan Markas Komando (Mako) Pasukan Brimob II yang berlokasi di Jonggon, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kaltim.

“Ini tonggak baru sejarah dalam perkembangan Brimob Polri,” ungkap Komandan Pasukan Brimob II, Brigjen Pol. Drs. Arif Budiman, M.H. yang didampingi Dansat Gegana Pasbrimob II, Kombes dr. Bambang Wijiasmoro di sela-sela acara peresmian.

Peresmian Mako itu didasarkan Perpres 54/ 2022 tentang Perubahan kedua atas Perpres 52/2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Polri.

Pas Brimob II membawahkan tiga resimen, yaitu satu Resimen {Men) Gegana dan dua Men Pelopor.

Selain itu, Pas Brimob II juga berperan sebagai pembina teknis 13 Satbrimoda Kaltim, Kaltara, Kalbar, dan Kalsel. Juga, Satbrimobda Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Sulut, NTB, dan NTB.

Kedatangan Dankor Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han di lokasi Mako bari hari itu, disambut hangat oleh tari Persembahan Adat khas Daerah Kutai Kartanegara (Kuka) Kaltim.

Imam Widodo memimpin langsung peresmian, yang dilanjutkan oleh penempatan pasukan serta peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Mutallib. 

Dia berharap kehadiran Pasukan Brimob II di Kalimantan, juga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat

“Latar belakang pembangunan Mako Pasukan Brimob II ini adalah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), dengan luas lahan kurang lebih 200 Ha. Pasukan Brimob II juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 seperti pembangunan IKN dan Upacara HUT Ke-79 RI Tahun 2024 di IKN. 

“Semoga dengan adanya Pas Brimob II bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa,” ujar Komjen Imam Widodo.

imam yang menghabiskan sebagian besar karirnya di Brimob itu menegaskan, kehadiran Pas Brimob adalah untuk memelihara keamanan dalam negeri (Kamdagri) serta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Jadi, tegas Imam, Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara kamdagri, yaitu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Untuk itulah diresmikanlah Mako Pas Brimob II di Kabupaten Kutai Kartanegara ini,” tegasnya.

Pembangunan Mako, lanjutnya, merupakan amanah untuk meningkatkan kamtibmas. 

Dengan demikian Mako itu, lanjutnya, akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat.

“Kami akan menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh,” ucapnya.

Ia memaparkan, kehadiran Brimob disini untuk menanggulangi situasi darurat. Tugas-tugas tersebut, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, sosial dan menangani kejahatan berintensitas tinggi.

Pada kegiatan peresmian tersebut, hadir pejabat utama (PJU) Korps Brimob Polri, Wakapolda Kaltim, PJU Polda Kaltim, Danrem 09 ASN, selain para Kapolres se-Kaltim, para Bupati dan Wali Kota se-Kaltim, para Dansat Brimob Polda se-Kalimantan, Sulawesi NTB, dan NTT serta Forkopimda.

(Teh’Nena)

Tags:
image - 2024-05-01T082030.048
image - 2024-05-01T082527.508
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

Stay Connected

Post

Recent