Polsek Labuan Siapkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Malam Hari saat Ramadhan

IMG-20220409-WA0532

PANDEGLANG, – Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.

“Pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan di peroleh kekebalan yang optimal,” terang AKP Jaenudin kepada wartawan disela kegiatannya.

AKP Jaenudin menjelaskan, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

“Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat,” papar Kapolsek Labuan.

Kapolsek Labuan menambahkan kegiatan dapat terlaksana atas kerjasama dengan muspika labuan sehingga vaksinasi COVID-19 bulan ramadhan saat dapat dilaksanakan.

“Terlaksana kegiatan ini, dari hasil koordinasi dengan tokoh agama wilayah labuan dan pada fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 13 tahun 2021 tentang hukum vaksinasi COVID-19 pada bulan ramadhan,” ucap Kapolsek.

Lebih lanjut ia menjelaskan Fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa.

“Bersama pihak muspika terutama dengan Kepala puskesmas labuan mengadakan Vaksin Dosis 2 dan Boster, “Mari kita kenali lebih jauh tentang vaksinasi Covid-19 sehingga kita lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan Covid-19,” ajak Kapolsek Labuan.

Diungkapkan Kapolsek Labuan bahwa, kegiatan dihadiri juga koplsek Jiput AKP H Dadan, serta kapolsek Pagelaran Iptu Rahya.

“Selain itu Kepala UPT Puskesmas Labuan Angga Winata Camat labuan Ace Jarnuji dan Sekmat Ace turut hadir dalam kegiatan bersama dengan muspika, dan Alhamdulillah vaksinasi di bulan suci ramadhan, dari 100 dosis yang tersedia kekurangan,” ujar Kapolsek Labuan AKP. Jaenudin.

Sementara, dikatakan Kepala Puskesmas Labuan bahwa Proses vaksinasi dilakukan pada malam hari saat umat muslim sudah buka puasa itupun tidak mengganggu ibadah malam.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi di malam hari kami telah koordinasi pengurus masjid dan para ulama kecamatan labuan menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan setelah pelaksanaan ibadah puasa di siang hari,” ucap Angga Iskandar winata.

Ia melanjutkan, Vaksinasi COVID-19 sebagai ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadhan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir divaksinasi saat puasa, sebab kondisi tubuh kita tidak akan terpengaruh terhadap pemberian vaksinasi walaupun sedang dalam keadaan berpuasa, dan yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan vaksinasi adalah istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi waktu sahur,” ungkapnya

Selain itu, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak memilih jenis vaksin karena vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia dan sudah boleh dipergunakan.

“Vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovak dan pfizer yang aman dan bermanfaat serta meningkatkan kekebalan tubuh. Harapan kami pada saat bulan Ramadhan ini masyarakat umat muslim maupun umat non muslim tetap menjalankan protokol kesehatan,” tutup Angga. @Kasman

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent