image - 2024-01-25T125215.306

Jadi Narasumber Semnas, Helena Octavianne, S.H., M.H. Ajak Masyarakat Cerdas Bermedia Sosial Wujudkan Generasi Digital Bijak dan Bertanggungjawab

IMG-20240213-WA0043(1)

PANDEGLANG, | detikPerkara Seminar Nasional Cerdas Dalam Bermedia Sosial untuk Mewujudkan Generasi Digital yang Bijak dan Bertanggung Jawab digelar di Gelora Hasta Brata Kampus II Universitas PGRI Adi Buana Surabaya pada Sabtu 2 Maret 2024 pukul 12.00 – Selesai.

Kegiatan tersebut mengedukasi masyarakat agar cerdas dalam bermedia sosial. Selain itu seminar diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi agar sesuai dengan rambu-rambu yang ada sehingga terhindar dari konflik dan dampak negatif lainnya.

Kepada wartawan, Helena Octavianne mengatakan bahwa Mengapa kita harus bijak dalam menggunakan media sosial?
Salah satu alasan mengapa kita harus bijak dalam menggunakan media sosial adalah rentan terjadi kejahatan siber. Cyber crime atau kejahatan siber adalah suatu tindak kejahatan yang memanfaatkan internet atau perangkat jaringan. Kejahatan siber kini semakin marak dan muncul banyak korban.

“Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial untuk menghindari konflik dan dampak negatif lainnya, juga harus selektif dalam menyebarkan informasi serta menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi,” terang Helena Octavianne.

Helena menyampaikan saat ini sangat rentan terjadi kejahatan siber, kejahatan siber adalah suatu tindak kejahatan yang memanfaatkan internet atau perangkat jaringan. Kejahatan siber kini semakin marak dan muncul banyak korban.

“Manfaatkan sisi positif media sosial dengan menghindari konten negatif dan tidak sehat, dan peran aktif generasi muda di era digitalisasi dapat diimplementasikan dengan cara meningkatkan literasi digital masyarakat. Hal itu sangat penting untuk mengakselerasi proses transformasi yang mampu mendorong pertumbuhan di sejumlah sektor di negeri ini,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Generasi digital merujuk kepada masyarakat yang tumbuh dan hidup dalam era digital, Label “generasi digital” melekat pada golongan masyarakat yang terpapar dengan arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Guna mewujudkan generasi digital yang bijak dan bertanggung jawab bisa dengan mengambil pendekatan bijak dalam memanfaatkan teknologi, dengan begitu kita dapat menjadi agen perubahan yang positif dan membantu mendorong kemajuan negara ke arah yang lebih baik. Salah satu cara untuk membantu kemajuan negara adalah dengan memperluas wawasan dan pengetahuan kita melalui teknologi,” tutur Helena Octavianne.

Ia menambahkan salah satu karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap individu di era digital sekarang ini adalah kemampuan beradaptasi dengan perubahan. Dengan kata lain, setiap individu harus fleksibel dan bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan.

“Peran aktif generasi muda di era digitalisasi dapat diimplementasikan dengan cara meningkatkan literasi digital masyarakat. Hal tersebut sangat penting untuk mengakselerasi proses transformasi yang mampu mendorong pertumbuhan di sejumlah sektor di negeri ini,” imbuhnya.

Asisten Pengawasan (Aswas) Kejati Jambi itu mengajak masyarakat cerdas dalam bermedia sosial untuk membawa banyak dampak positif dalam kehidupan.

“Melalui seminar nasional khususnya peserta seminar dan umumnya generasi millennial paham sehingga bijak, cerdas dalam bermedia sosial untuk membawa generasi digital yang bertanggung jawab, karena adanya media sosial kita dapat berkomunikasi tanpa memandang jarak dan waktu. Serta kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai dunia secara cepat sehingga dapat menghemat waktu,” pungkasnya.

Tags:
detikperkara iklann
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent