Lakukan Monitoring Penyaluran Program BPS, Ini yang Dilakukan TKSK Panimbang, Rusyadi S.Pd

IMG-20220228-WA0415

PANDEGLANG, – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) bersama Muspika yang terdiri dari tiga lembaga, yaitu; Camat, Koramil dan Kapolsek, melakukan monitoring Penyaluran Bantuan Program Sembako (BPS) Tahun 2022, Senin (28/02/2022).

Monitoring Penyaluran Bantuan Program Sembako dilakukan untuk memantau langsung jalannya program guna meningkatkan kegiatan-kegiatan dan perencanaan yang lebih baik untuk kegiatan masa mendatang.

“Monitoring dilakukan untuk menilai langsung jalannya program Sembako, dan dari hasil pemantauan tersebut akan dilakukan evaluasi untuk memperbaiki atau meningkatkan pelaksanaan Penyaluran agar kegiatan mendatang lebih baik,” terang Rusyadi, S.Pd, Tksk Kecamatan Panimbang saat diwawancarai disela kegiatannya.

Dikatakan Tksk Kecamatan Panimbang itu juga bahwa, Program Sembako (BPS), dan yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan BPNT yang disalurkan tunai melalui POS INDONESIA sebesar Rp. 600 ribu agar dibelanjakan sesuai dengan keperuntukannya.

“Penyaluran BPS Periode Januari s.d Maret tahun 2022 disalurkan melalui Pos Indonesia secara tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bebas dibelanjakan pada warung terdekat yang mengandung sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati maupun vitamin dan mineral sebagai upaya dari Pemerintah untuk memberikan akses KPM terhadap bahan pokok dengan kandungan gizi lainnya,” papar Rusyadi, S.Pd.

Lebih lanjut, ungkap Rusyadi meski disalurkan secara tunai program Sembako yang merupakan pengembangan dari program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) sebagai program transformasi bantuan pangan untuk memastikan program menjadi lebih tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

“Seperti halnya program BPNT, program Sembako diharapkan dapat memberikan pilihan kepada penerima manfaat dalam memilih jenis, kualitas, harga dan tempat membeli bahan pangan dapat dimana saja e-Warong terdekat.

“Program Sembako ini pemerintah melalui Pos Indonesia menyalurkan 3 (tiga) sekaligus secara tunai, dan dana tersebut untuk membeli komoditas yang mengandung sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati maupun vitamin dan mineral atau bahan pokok dengan kandungan gizi,” ucapnya.

Masih lanjut TKSK bahwa Program Sembako dikecamatan Panimbang semaksimal mungkin dilaksanakan sesuai Juklak dan Juknis dengan memberlakukan mekanisme yang tujuannya dan sasaran mengacu kepada pedoman.

“Guna mengurangi risiko yang lebih besar terjadinya kesalah pahaman dalam Penyaluran Bantuan BPS kami evaluasi setiap penyaluran dari hasil monitoring,” jelasnya.

Hadir juga dalam kegiatan, binwil bersama kasat linmas polres Pandeglang yang bersama-sama melakukan monitoring Penyaluran Bantuan Program Sembako (BPS). @Red.

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent