Kejari Pandeglang Hadiri Launching Rumah Restorative Justice “Saung Karapihan” di Cadasari

IMG-20220411-WA0046

PANDEGLANG, detikPerkara.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang, Helena Octavianne, SH, MH menghadiri launching Rumah Restorative Justice (RJ) dengan nama Saung Karapihan di Desa Ciinjuk, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Senin (11/04/2022).

Hadiri juga dalam launching RJ Saung Karapihan, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Pandeglang serta para tokoh ulama dan masyarakat di Kecamatan Cadasari.

Dalam sambutannya, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kejari Pandeglang. Sebab kata Irna, hadirnya saung karapihan akan berdampak positif bagi daerah.

“Atas nama pribadi dan masyarakat kami ucapkan terimakasih, ini akan menjadikan kondusifitas daerah dan mengurangi stigma buruk di masyarakat,” kata Irna.

Lebih lanjut dijelaskannya, Saung karapihan ini tidak lain menjadi tempat penyelesaian setiap adanya konflik yang terjadi di masyarakat tanpa harus berujung diperadilan. Namun tentu diungkapkan Irna semua pihak akan dilibatkan semua pihak dalam penyelesainnya.

“Semua pihak dilibatkan baik itu tokoh agama, masyarakat, tokoh adat, penegak hukum, korban dan tersangka. Sehingga setiap permasalahan ditangani lebih humanis,” ungkapnya.

Masih kata Irna, Restorative Justice ini memberikan edukasi hukum agar masyarakat mengerti tentang ketentuan hukum.

“Seperti Sastra Atok yang tersangkut kasus hukum akhirnya bisa terbebas tuntutan hukum, sehingha bisa kembali kepada keluarganya”, pungkasnya.

Sementara Kepala Kejari Pandeglang Helena mengatakan, seorang tersangka bisa mendapatkan RJ atau pemulihan keadilan apabila tuntutan hukumnya dibawah 5 tahun, baru pertama melakukan pelanggaran hukum, dan kerugian yang diakibatkan kurang lebih 2,5 Juta.

“Semua masyarakat bisa mendapatkan RJ, caranya datang ke Kejaksaan atau melalui informasi publik melalui IG, tweeter, dan FB,” katanya.

Ditempat yang sama Kejati Banten Leonard Simanjuntak saat diwawancarai mengatakan, RJ adalah penyelesaian satu perkara dengan musyawarah mupakat. Hal ini dilakukan dengan cara mediasi oleh semua tokoh, aparat desa, aparat hukum, tersangka dan korban.

“Kasus – kasus kecil yang terjadi cukup diselesaikan disini tanpa harus masuk keperadilan hukum,” katanya usai lounching JS.

Ia juga menekankan kapada jajaran kejaksaan agar tidak bermain dalam penanganan konflik. Jika sampai terjadi, pihaknya meminta laporan dari masyarakat.

“Silahkan laporkan online kepada saya. Jangan sampai kejaksaan mencederai hati masyarakat. Bantu kami untuk tidak memberikan sesuatu kepada adik-adik saya di Kejari,” pungkasnya. @Kasman

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent