Klarifikasi Kades Nanggala, Soal Ramainya Berita Dana Bantuan Program Sembako dan BLT BB yang diterima KPM Tak Utuh

IMG-20221206-WA0002(1)

PANDEGLANG, detikPerkara – Kepala Desa Nanggala Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Sumarna memberikan tanggapan klarifikasi pemberitaan terkait keluhan Dana Bantuan program Sembako dan BLT BBM tahun 2022 yang diterima tidak utuh oleh sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Klarifikasi tersebut merupakan Hak jawab yang menjadi tugas dan peran pers dalam memenuhi hak masyarakat terkait pemberitaan media sesuai pasal 5 UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Dalam tanggapan klarifikasinya Kepala Desa Nanggala Sumarna menyampaikan bahwa terkait dengan Dana Bantuan Sosial sudah disosialisasikan kepada masyarakat dan mewanti – wanti kepada Aparatur Desa agar tidak ada potongan.

“Kami selaku penyelenggara Pemerintahan Desa jauh – jauh sudah mensosialisasikan juga mewanti-wanti baik kepada Aparatur Desa maupun yang lainnya agar tidak ada potongan dana bantuan Sembako maupun BLT BBM,” terang Kepala Desa Nanggala, Sumarna disela sosialisasi di Kantor Desa.

Terlebih lagi ungkap Kepala Desa Nanggala itu bahwa bantuan program sembako bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sementara Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM untuk melindungi daya beli masyarakat prasejahtera akibat tekanan berbagai kenaikan BBM.

“Terkait persoalan adanya informasi potongan kami berharap semua pihak untuk bijak menyikapinya. Hal tersebut lantaran sudah dimusyawarahkan kedua belah pihak baik dari pihak yang diduga pelaku dan juga keluarga penerima manfaat,” ucapnya.

Lanjut Kades Sumarna, sebagian dana bantuan sudah dikembalikan dan tugas kami sebagai pemerintah desa membantu keduanya untuk saling memaafkan.

“Baik KPM maupun yang diduga pelaku yang meminta dana bantuan sama-sama merupakan warga saya, dan sebagai Kepala Desa kami memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan antar keduanya,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, bahwa persoalan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian dan sejumlah pihak sudah dimintai keterangan.

“Kemaren persoalan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh Polsek Cikeusik dan semua pihak dilibatkan untuk menyelesaikan persoalannya secara musyawarah, sehingga tanggung jawab kamipun sebagai kepala baik sosialisasi maupun motivasi masyarakat sudah dijalankan,” paparnya.

Sementara itu, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang namanya enggan disebutkan menyampaikan bahwa terkait dengan dana bantuan yang dikeluhkan adanya potongan sudah tidak lagi dipersoalkan dan terimakasih atas bantuan program yang diterimanya dari pemerintah.

“Kami emang tiawal niat rek babagi alakadarna tapi NU entosmah entos jeng nuterpenting kaharep tong aya deui bisik-bisik piwarang babagi supadoa tekapaksa. syukur tos kenging bantuan (saya dari awal sudah niat mau berbagi tetapi yang sudah-sudah gapapa yang penting kedepannya tidak ada yang seperti ini lagi dan terimakasih atas bantuan yang sudah diberikan pemerintah,” singkat KPM.

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent