Spesifikasi Paving Block Kegiatan Urusan Penyelenggaraan PSU Permukiman di Desa Cikalong Dikritisi Sejumlah Aktivis

IMG-20221130-WA0496

PANDEGLANG, detikPerkara – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman menggelontorkan anggaran yang diperuntukkan Kegiatan Urusan Penyelenggaraan PSU Permukiman di Kampung Cikalong Desa Cikalong Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Namun pelaksanaannya dikritisi Sejumlah Aktivis.

Dalam pantauan di lapangan sejumlah Aktivis tersebut mempertanyakan perencanaan yang dinilai kurang maksimal jika dilihat realita pekerjaannya. Hal tersebut terlihat penggunaan material bukan menggunakan abu batu sesuai ketentuannya.

Diketahui Paket Pekerjaan Peningkatan Kualitas PSU Permukiman jalan lingkungan dilaksanakan oleh CV Salam Mahaka Karya dengan nilai anggaran Rp. 189. 360. 000. 00,- Sumber Dana APBD Provinsi Banten dalam pemasangan tidak sesuai dengan susunan yang sebenarnya terlihat pada pengaduan antar Paving Block.

“Terjadinya perenggangan Paving Blok antar sambungan Paving Blok dengan Paving Block,” terang Iping Saripin Kontrol Sosial Pemerhati Pembangunan, Kamis (01/12/2022).

Lanjut Ia, bahwa penutup Paving Blok tidak menggunakan Abu Batu yang sesuai ketentuannya diharuskan untuk menggunakan.

“Selain itu, tidak menggunakan Abu Batu patut juga dipertanyakan seperti apa pembuatan Rencana Anggaran Biaya yang dibuat Konsultan Perencana,” ucap Iping.

Ia mengatakan, Paving Block diduga tidak sesuai dengan K 300 yang ditentukan dalam standar penggunaan pada proyek pembangunan.

“Kualitas Paving Block diduga keras tidak sesuai dengan spesifikasi K 300,” paparnya.

Senada diungkapkan oleh Doris Aktivis Peleton Pemuda menuding spesifikasi untuk proyek Permukiman sengaja tidak sesuai untuk mencari selisih keuntungan.

“Kami menilai adanya kejanggalan dalam penggunaan material Paving Blok dan juga lainnya dimana spesifikasi dipertanyakan,” singakatnya.

Sementara itu, Pelaksana Proyek belum dapat dikonfirmasi untuk dimintai tanggapannya soal kegiatan tetapi wartawan masih terus mengkonfirmasi guna kepentingan hak jawab klarifikasi.

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent