Usai Demo, Pj. Setda Pandeglang Undang Pokja IPB Audiensi Terkait Pembangunan Pabrik Gula

PANDEGLANG, detikPerkara Pemerintah Kabupaten Pandeglang Sekretariat Daerah mengundang Kelompok Kerja Ikatan Pandeglang Bersatu (Pokja IPB) seusai Aksi Unjuk Rasa digelar didepan Kantor Bupati Pandeglang Jl. Pendidikan No.3, Pandeglang, Kec. Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Undangan yang secara resmi dilayangkan kepada Pokja IPB Pandeglang Bersatu tersebut menindaklanjuti surat permohonan audiensi sebelumnya yang tidak dapat terlaksana sehingga berakhir pada Aksi Unjuk Rasa pada Senin 16 Oktober 2022 lalu.

Dalam surat undangan resmi Audiensi dari Pj. Sekertaris Daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang yang ditembuskan kepada Bupati Pandeglang dengan daftar peserta rapat diantaranya Pj. Sekertaris Daerah, Asisten Daerah, Kapolres Pandeglang, Dandim Pandeglang, Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas PUPR, Kepala ATR/BPN, Kepala Dinas Koperasi UMKM, Kepala Satpol PP, Kepala DPMPD, Camat Pagelaran, Muspika Kecamatan Pagelaran, Pimpinan Perusahaan PT. Aman Agrindo tbk, dan Kepala Desa Tegalpapak.

Saat dikonfirmasi Ketua Kelompok Kerja Ikatan Pandeglang Bersatu (Pokja IPB) Iwan Suhawan membenarkan adanya surat resmi undangan Audiensi terkait dengan Pembangunan Pabrik Gula (PT. Aman Agrindo tbk) dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Pj. Sekertaris Daerah.

“Benar, surat undangan Audiensi terkait dengan Pembangunan Pabrik Gula (PT. Aman Agrindo tbk) saya sudah terima, dan Audiensi akan diselenggarakan pada Kamis, 20 Oktober 2022 besok sekitar pukul 09.00 wib sampai dengan selesai,” terang Iwan Suhawan.

Senada diungkapkan oleh Ahmad Khotib Sekertaris Jenderal (Sekjen) IPB bahwa sudah menerima surat undangan Audiensi terkait dengan Pembangunan Pabrik Gula dari Pj. Sekertaris Daerah (Setda) Pandeglang Drs. H. Taufik Hidayat, M.si.

“Untuk undangan sudah kami terima siang tadi Rabu, 19 Oktober yang selanjutnya dari undangan Pj. Sekertaris Daerah (Setda) tersebut akan ditembuskan kepada masing-masing Ketua Divisi Pokja guna persiapan audiensi besok pagi,” ucap Ahmad Khotib.

Lebih lanjut Sekjen IPB itu menjelaskan momentum audiensi besok merupakan salah satu penyampaian aspirasi agar Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Pimpinan Perusahaan PT. Aman Agrindo tbk mengetahui maskud dan juga tujuan Pokja IPB melayangkan surat Audiensi yang berakhir dengan Aksi Unjuk Rasa beberapa hari lalu.

“Kita akan sampaikan dalam Audiensi nanti bahwa Pokja IPB Pandeglang Bersatu bukan menolak kedatangan Investor (PT. Aman Agrindo tbk), tetapi yang akan kita jelaskan bahwa Investor selaku pemegang ijin harus melaksanakan sosialisasi secara transparan kepada masyarakat sebelum melakukan pembangunan.

Selain itu ia menekankan pentingnya pihak perusahaan sebelum melaksanakan pembangunan Analisis mengenai dampak lingkungan.

“Kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan mengenai dampak lingkungan semisal kegiatan proyek jangan sampai merugikan masyarakat sekitar dari imbas pembangunan,” tuturnya.

Terpisah Bendahara Umum Pokja IPB, Kasman juga mengungkapkan bahwa undangan Audiensi terkait dengan Pembangunan Pabrik Gula di Desa Tegalpapak Kecamatan Pagelaran dari Pj. Setda Pandeglang perlu dilakukan sebagai upaya untuk menyampaikan kepentingan dari masing-masing pihak.

“Audensi perlu dilakukan untuk membangun silaturahmi, agar Media, Aktivis, Ormas, OKP, LSM yang tergabung dalam POKJA IPB dan pemerintah serta Pihak Perusahaan dapat berjalan dengan baik serta bersinergis untuk membangun Kabupaten Pandeglang kedepan yang lebih baik, juga baik dalam momentum pertemuan Audiensi menyampaikan kepentingan dari masing-masing pihak,” beber Kasman.

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent