GPMI, Aceng F : RAB Pekerjaan Dana Desa Cibitung Ruang Isolasi, APH Harus Periksa

IMG-20221115-WA0126

PANDEGLANG, detikPerkara – Kegiatan Pembangunan Ruang Isolasi Corona Virus Disease di Kampung Sabrang Desa Cibitung Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten dinilai janggal, Kejanggalan tersebut dilihat dari Nilai Anggaran Pembangunan tidak sebanding dengan fisik pekerjaan, Selasa (15/11/2022).

Selain itu, Papan Nama Kegiatan terpampang setelah Viralnya Pemberitaan sejumlah media. Hal tersebut menguatnya dugaan bahwa pembangunan ada Mark Up anggaran.

Hasil Investigasi sejumlah media yang tergabung dalam Jurnalis Banten Bersatu (JBB), dan Aktivis Pemerhati Pembangunan Pandeglang (PPP) terdapat kesenjangan antara fisik pekerjaan dan nilai anggaran untuk pembangunan.

“Adanya mark up anggaran dari awal kami sudah curiga, pertama proses pelaksanaan tanpa adanya papan informasi, dan setelah viral diberitakan sebelumnya baru kemudian papan nama dipasang,” terang Ketua Aktivis dari Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia (GPMI) yang tergabung di PPP.

Aceng Fikri mengungkapkan dari Volume 3×5 M dengan nilai anggarannya Rp 55.000.000,- dinilai tidak wajar ditambah pelaksanaan seolah ditutupi tidak transparansi kepada publik.

“Dari awal jelas-jelas proyek yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahap II Tahun 2022 itu sudah tidak mengindahkan peraturan perundang-undangan. Itu terbukti anggaran papan kegiatan yang sudah dianggarkan dalam RAPBdes tidak dibelanjakan,” ucapnya.

Ia meminta Aparat Penegak Hukum untuk menelisik proyek pembangunan didesa Cibitung Munjul tersebut.

“Kami harap APH memeriksa Tim Pengelola Kegiatan (TPK) soal Rencana Anggaran Biaya (RAB). karena banyak item material yang diduga keras tidak sesuai harga pasaran jika dilihat dari besarnya jumlah Anggaran yang terpasang pada papan informasi setelah Viralnya Pemberitaan,” pungkasnya.

Hingga berita dipublikasikan awak media masih terus mengkonfirmasi Kepala Desa Cibitung-Munjul guna dipinta hak jawab klarifikasi.

Tags:
36a607ff-5fa2-442e-aee0-d3b70666b3e1
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in
Redaksi

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

WhatsApp Image 2022-09-17 at 16.36.38
news background with text live updates

Stay Connected

Post

Recent