image - 2024-09-12T213026.258

Menguat Dugaan Combine Bantuan dari DPKP Pandeglang Anggaran “Pokir Dewan” Jadi Alat Perkaya Diri Ketua Poktan

IMG-20240914-WA0101(4)

PANDEGLANG, | detikPerkara Sejumlah Anggota Kelompok Tani Sri Kencana di Desa Teluklada Kecamatan Sobang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten tidak dilibatkan dalam Musyawarah Usulan, Combine Harvester Dinas Pertanian Pandeglang yang Konon dari Anggaran “Pokir Dewan”.

Hal tersebut diduga adanya keterlibatan Oknum yang memiliki Kedudukan dan Kewenangan untuk mencari keuntungan pribadi sehingga tanpa musyawarah mufakat bersama anggota kelompok alat mesin pertanian diberikan kepada penerima meskipun tanpa melibatkan sejumlah anggota Kelompok Tani, Padahal seharusnya bantuan itu dikelola oleh Kelompok untuk kepentingan bersama anggotanya.

Namun demikian hasil penelusuran wartawan dilapangan bantuan alat mesin pertanian tidak lagi mementingkan kepentingan anggota kelompok dan hanya dinikmati para pengurus, dan itu diketahui dari pengelolaan yang tanpa melibatkan anggota.

“Kami tidak tahu dalam pengusulan, apalagi informasinya bantuan POKIR DPRD berupa alat mesin pertanian Combine yang diberikan kepada Kelompok Tani anggota hanya dimanfaatkan, sebab realitanya hasil usaha dari penggarapan Combine dikelola tidak secara transparan,” papar salah satu anggota kelompok tani di Teluklada yang namanya enggan dipublikasikan.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sri Kencana Daryono membernarkan bahwa sebagian anggota kelompok tani tidak dilibatkan dalam musyawarah pengusulan alat mesin pertanian Combine.

“Memang benar pa sebagian dari anggota kelompok kami tidak ajak musyawarah sebab mereka menolak dengan alasan jika ada Combine akan mengurangi lapangan pekerjaan apalagi di wilayah ini sempat ada gerakan aksi demo terkait adanya alat Combine tersebut dan alasan itulah yang jadi penyebabnya,” ucap Daryono Poktan di wilayah Kecamatan Sobang selaku penerima bantuan alat mesin pertanian Combine.

Lebih lanjut dijelaskan Daryono ketika ditanya dari mana sumber bantuan alat mesin pertanian Combine? Bantuan itu dibagikan di Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dan dari anggaran Aspirasi Pokir Dewan.

“Bantuan itu diambil di Caringin gudang milik Dinas Pertanian, dan untuk persoalan internal kelompok insa Allah kami akan selesaikan,” tutup Daryono.

Tags:
image - 2024-05-01T082030.048
image - 2024-05-01T082527.508
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40
Posted in

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

Stay Connected

Post

Recent