image - 2024-09-12T213026.258

Penguatan Dan Peningkatan Kapasitas Linmas, Bhabinkamtibmas Polsek Panongan Polresta Tangerang Berikan Pembekalan

Detikperkara.com Kabupaten Tangerang – Bhabinkamtibmas turut andil dalam melatih anggota Perlindungan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Linmas. Keterlibatan Bhabinkamtibmas ini dimaksudkan agar anggota Linmas memiliki kompetensi yang profesional dalam keikutsertaannya melindungi dan menjaga keamanan lingkungan desa.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bripka Imam Siswoyo Bhabinkamtibmas desa Panongan Polsek Panongan Polresta Tangerang ini. Di sela sela kesibukannya, menyempatkan diri terlibat aktif memberikan pembekalan kepada para anggota Linmas bertempat di Pantai Anyer pada Minggu (28/07/2024).

Kapolsek Panongan AKP. RM Wisnu Bramantyo STrK.S.IK.Msc.Eng melalui Bripka Imam Siswoyo mengungkapkan kegiatan tersebut, tidak hanya memberikan pembekalan dan wawasan terkait dengan peran serta Linmas dalam menjaga keamanan tetapi juga melatih kedisiplinan dan kekompakan melalui pelatihan baris berbaris atau PBB.

“Iya benar hari ini saya bertindak sebagai salah satu pelatih dalam kegiatan penguatan dan peningkatan kapasitas Linmas.”jelas Imam Siswoyo.

Imam menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dengan kelompok usia yang bervariasi. Sedangkan tenaga instruktur, selain Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga melibatkan perangkat desa setempat.

“Oleh sebab itu, dalam menyampaikan materi kita banyak menggunakan pendekatan yang lebih soft terutama saat pelatihan praktik baris berbaris.” Ujarnya.

Linmas merupakan Satuan perlindungan masyarakat di siapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan dan memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat dengan kewenangan terbatas.

“Linmas juga bisa berperan dalam membantu penanganan bencana alam maupun kegiatan sosial di masyarakat misalnya kerja bakti, pengamanan pembagian bantuan sosial dan lainnya.” Imbuhnya.

 kita harapkan dalam melaksanakan tugas, Linmas tidak hanya sebatas memantau situasi wilayah tetapi juga hadir jika terjadi peristiwa atau kriminalitas maupun bencana alam dan membantu evakuasi bersama aparat keamanan dan warga masyarakat.

“Lebih aktif lagi dalam menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman di desa ” Ucapnya.

(Teh’Nena)

Tags:
image - 2024-05-01T082030.048
image - 2024-05-01T082527.508
WhatsApp Image 2022-09-19 at 07.53.40

Redaksi

Detik Perkara merupakan situs web berita, sebagai media berbagi informasi yang actual, real. dan terpercaya kepada masyarakat.

Releated Post

Stay Connected

Post

Recent